Alasan Manajemen Pemasaran Sering disebut Manajemen Permintaan
Alasan Manajemen Pemasaran Sering disebut
Manajemen Permintaan
MANAJEMEN PEMASARAN
Konsep pemasaran
adalah kegiatan perencanaan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu
kepuasan pelanggan. Segala aktifitas yang menganut konsep pemasaran harus
diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Dalam kegiatan pemasaran ada beberapa
konsep pemasaran yang disebut 4P, yaitu :
Product
- Price
- Placement
- Promotion
Sedangkan pendapat
beberapa ahli telah mengemukakan definisi tentang manajemen pemasaran yang
kelihatannya berbeda meskipun sebenarnya sama, seperti :
Menurut Philip
Kotler/Armstrong
(2002:14) menyebutkan bahwa : 'Manajemen pemasaran adalah analisis,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi'."
Menurut Buchari
Alma
(2004:130), "Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan
pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian
dipemasaran."
MANAJEMEN
PERMINTAAN
Seringkali orang menganggap bahwa permintaan itu
sesuatu yang tidak dapat diubah. Permintaan itu datang dari pelanggan dan kita
tidak dapat melakukan apa pun terhadapnya. Kita hanya dapat mengatur sisi
kapasitas (supply). Padahal dalam dunia ini yang ada hanyalah
ketidakpastian. Selama kita bekerja dengan ketidakpastian yang tinggi maka
sulit bagi kita untuk menciptakan sistem yang optimal. Oleh karena itu,
satu-satunya cara untuk tetap bertahan dalam kondisi seperti saat ini adalah
mengkondisikan masa depan, salah satunya ya permintaan itu.
Jadi
dapat disimpulkan alasan mengapa manajemen pemasaran sering di sebut manajemen
permintaan karena 'Manajemen pemasaran adalah
analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran
organisasi'."
Perbedaan
Kebutuhan Dan Keinginan Berdasarkan Inti Pemasaran
Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas
kebutuhan yang spesifik. Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan
menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam
masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang
lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang.
Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia
terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.
Permintaan (demands) adalah
keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya. Keinginan jadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Banyak
orang yang menginginkan mobil mewah, namun hanya sedikit yang mampu dan
bersedia untuk membeli. Karena itu perusahaan harus mengukur tidak hanya berapa
banyak orang yang menginginkan produk mereka tetapi yang lebih penting berapa
banyak orang yang benar-benar bersedia dan mampu membelinya.
Perbedaan pasar dengan pemasaran …
Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan
dengan penawaran terhadap barang atau jasa .
Dilihat dari
hubungan antar pembeli dan penjual ,pasar dibedakan menjadi :
Pasar
persaingan sempurna adalah : pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak
pembeli untuk memperdagangkan barang yang homogeny.
Ciri – cirri
pasar persaingan sempurna diantaranya :
- Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
- Barang yang dijual bersifat homogeny
- Terdapat kebebasan keluar masuk pasar ,baik bagi pembeli maupun penjual
- Ada mobilitas barang ,sehingga pembeli dapat mnemperoleh barang dalam jumlah berapapun
- Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak
sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
· Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu
pihak penjual yang menguasai
· Pasar duopoly pasar yang terdapat
dua pihak penjual yang menguasai
· Pasar oligopli adalah suatu pasar
yang terdapat beberapa penjual menguasai ( 3- 10 penjual / produsen
· Pasar
persaingan monoplistis adalah
pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis barang tertentu , tetapi
tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
· Sedangkan pemasaran :
Pemasaran adalah suatu system menyeluruh dari kegiatan
bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan
mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan
Berikan
contoh masing-masing 5 untuk :
Jenis pasar
industri :
- Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
- Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
- Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
- Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai ( 3- 10 penjual / produsen
- Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
Contoh :
hypermarket,
pasar
swalayan (supermarket),
minimarket.
Pasar penjual :
pasar
Beringharjo di Yogyakarta,
pasar Klewer
di Solo,
pasar Johar
di Semarang.
konsep inti pemasaran…
Konsep inti pemasaran
adalah pembagian – pembagian yang terdapat dalam suatu kegiatan dalam
pemasaran yang merupakan inti atau hal yang sering berkaitan /
berhubungan dari suatu kegiatan tersebut dari pada pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
4
variabel bauran promosi…
Promotion (promosi), yaitu berbagai
kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada
pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion,
advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Advertising
( periklanan ) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang
dan jasa yang dibiayai oleh sponsor tertentu bisa melalui iklan media masa yang
ada atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk, dan poster.
Personal
Selling ( tenaga penjualan individu ) : komunikasi langsung ( tatap muka )
antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada
calon pelanggan
Sales
Promotion ( promosi penjualan ) : promosi penjualan meliputi beberapa kegiatan
komunikasi yang mencoba untuk memberikan nilai tambah atau insentif kepada
konsumen, atau pelanggan organisasi lain untuk merangsang penjualan langsung
Direct
Marketing ( pemasaran langsung ) : suatu system pemasaran dimana organisai
tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan
respon atau transaksi.
Bauran
Pemasaran
Pengertian
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Banyak diantara kita mungkin tidak
menyadari bahwa setiap produk yang kita beli atau konsumsi sebenarnya menjalani
proses penciptaan yang rumit hingga menjadi suatu produk yang sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan kita. Membutuhkan biaya hingga menjadi produk yang
dibutuhkan konsumen, memerlukan komunikasi dari produsennya hingga kita
mengetahui bahkan mengkonsumsinya, dan mungkin juga menjalani perjalanan
panjang hingga akhirnya ada di tangan kita.
Kombinasi variabel atau kegiatan
memasarkan itulah yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Sedikitnya ada 4
aktivitas pemasaran dan disebut dengan “Bauran Pemasaran” atau “Marketing
Mix”.
Beragam
definisi atau pengertian “Bauran Pemasaran” atau “Marketing
Mix” disampaikan pakar marketing namun secara umum dapat disampaikan adalah
kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang
digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar
sasaran.
Jadi, bauran pemasaran terdiri dari
himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk
mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Bauran pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu :
1.
Produk
2.
Harga
3.
Distribusi
4.
Promosi
Keempat bauran pemasaran tersebut
secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
- Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
- Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
- Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Namun dalam
pengembangannya 4 komponen Bauran Pemasaran
(marketing mix) mengalami perkembangan. Pakar marketing yaitu Lovelock
dan Wright mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated
service management dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu: product
elements, place, cyberspace, and time, promotion and education, price and other
user outlays, process, productivity and quality, people, and physical evidence.
- Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
- Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
- Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
- Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
- Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
- Productivity and quality, produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
- People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
- Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.
Komentar
Posting Komentar